Beranda » Berita Suzuki » Ini Alasan Suzuki Ngotot Tolak Permintaan Toyota yang Mau Bikin Kembaran Jimny

Ini Alasan Suzuki Ngotot Tolak Permintaan Toyota yang Mau Bikin Kembaran Jimny

Dipublish pada 13 Januari 2024 | Dilihat sebanyak 24 kali | Kategori: Berita Suzuki
Suzuki dikabarkan menolak permintaan Toyota yang ingin membuat kembaran Suzuki Jimny. Menurut Suzuki, Jimny adalah produk ikonik Suzuki, yang tidak boleh dibuat versi kembarannya. Selain Jimny, Suzuki juga menolak permintaan Toyota yang mau bikin kembaran Swift.
Selama ini Suzuki dikenal memiliki kerja sama erat dengan Toyota dalam memproduksi mobil-mobil kembar. Di India, kedua pabrikan Jepang itu saling berbagi platform produk. Suzuki Baleno dibuat kembarannya bernama Toyota Glanza, kemudian Toyota Kijang Innova Zenix bakal dibuat kembarannya, Suzuki Invicto.

Memanfaatkan kerja sama yang sudah terjalin tersebut, Toyota rupanya memiliki keinginan untuk membuat kembaran Suzuki Jimny. Toyota belum memiliki model SUV kompak dengan konfigurasi penggerak 4×4. Maka itu, Suzuki Jimny dipandang sebagai figur yang cocok untuk di-rebadge menjadi produk SUV Toyota.

Bagi Toyota, memiliki ‘Jimny’ versi mereka sendiri di jajaran produk akan memberikan konsumen mereka alternatif 4×4 yang lebih murah dibandingkan Fortuner dan Hilux. Di sisi lain, hal ini dapat memberikan dorongan besar bagi Suzuki dalam penjualan Jimny.

Namun seperti diungkapkan Suzuki kepada Autocar India, Suzuki secara halus menolak keinginan Toyota yang membuat kembaran Jimny. Alasannya, Jimny adalah mobil yang menjadi ikon bagi perusahaan. Jadi sangat tidak mungkin dibikin kembarannya.

“Ini seperti meminta Toyota untuk mengizinkan kami merekayasa (membuat kembaran) Land Cruiser. Model (Jimny) yang menjadi inti merek kami (Suzuki) tidak dimaksudkan untuk dibagikan dan kedua perusahaan menghormatinya,” kata sumber tersebut.

Meski Jimny berlogo Toyota kecil kemungkinannya diwujudkan, Toyota masih berpeluang memproduksi sendiri mobil SUV kompak 4×4 versi mereka, yaitu model Land Cruiser Mini.

Di samping Jimny. Suzuki juga menolak permintaan Toyota yang mau membikin kembaran Swift. Menurut laman Motoroids, Swift adalah salah satu tulang punggung penjualan Suzuki di India. Mobil ini bisa terjual hingga rata-rata lebih dari 17.000 unit setiap bulannya. Jadi tak heran jika Toyota ngebet bikin kembarannya.

Bagikan ke

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Lainnya

NEW XL7 HYBRID UNGGUL DI SURABAYA, PENJUALAN SUZUKI PADA GIIAS SURABAYA 2023 LAMPAUI TARGET

Dipublish pada 3 Oktober 2023 | Dilihat sebanyak 36 kali | Kategori: Berita Suzuki

Suzuki Indonesia menutup keikutsertaannya dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2023 dengan capaian penjualan melebihi target. Dalam 5 hari penjualan (20/09 – 24/09), Suzuki Indonesia mencatatkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sebanyak 584 unit melebihi dari target awal yaitu... selengkapnya

MOBIL HYBRID SUKSES PIKAT HATI MASYARAKAT, PENJUALAN SUZUKI NAIK 12% DI AGUSTUS 2023

Dipublish pada 3 Oktober 2023 | Dilihat sebanyak 35 kali | Kategori: Berita Suzuki

Kiprah kendaraan hybrid milik Suzuki terus mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan yang ramah lingkungan. Pada bulan Agustus 2023, Suzuki mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12% dibandingkan dengan Juli 2023. Hal ini turut disumbang oleh kepercayaan... selengkapnya

PIMPIN TREN KENDARAAN RAMAH LINGKUNGAN, GRAND VITARA DAN NEW XL7 HYBRID MENDOMINASI PAMERAN GIIAS 2023

Dipublish pada 18 September 2023 | Dilihat sebanyak 34 kali | Kategori: Berita Suzuki

Sukses dalam penyelenggaraan pameran GIIAS 2023 di ICE BSD pada 21 Agustus 2023 yang lalu, pengunjung diperkenalkan pada sejumlah inovasi menarik dalam industri otomotif. Salah satu sorotan utama pameran tersebut adalah kehadiran “Hybrid World” dari Suzuki, yang berhasil mencuri perhatian... selengkapnya